RSS

Perkembangan TIK di Sekolahku



Perkembangan TIK di Sekolahku

Pada tahun 2002, orang tua saya mendaftarkan saya untuk belajar di sebuah Sekolah Dasar yang tidak terlalu jauh dari tempat kami tinggal, yaitu di  SD Negeri Gentan 2. Sekolah saya ini terletak di Dusun Gentan, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Sekolah saya bersebelahan dengan SD Negeri Gentan 1. Hanya halaman sekolah yang membatasi kedua sekolah ini. Pada tahun 2004, SD Negeri Gentan 2 dan SD Negeri Gentan 1 mengadakan rapat koordiansi dan bergabung,sekarang menjadi SD Negeri Gentan.
Sekolah saya cukup mengikuti perkembangan teknologi dan komunikasi pada saat itu. SD Negeri Gentan mempunyai laboraturium komputer yang digunakan untuk pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Namun pembelajaran TIK belum menjadi mata pelajaran wajib melainkan hanya menjadi ekstrakurikuler saja. Sehingga tidak diwajibkan kepada semua siswa untuk mengikutinya. Laboraturium komputer di SD Negeri Gentan belum dilengkapi dengan internet dan hanya mempunyai 10 komputer saja.
Enam tahun berlalu, pada tahun 2008 saya lulus dari Sekolah Dasar dengan hasil yang memuaskan. Saya melanjutkan pendidikan dan mendaftar di sekolah menengahyaitu di SMPNegeri 2 Ngaglik dengan ditemani orang tua saya. SMP Negeri 2 Ngaglik, berdiri sejak tahun 1968 terletak di Jl.Kaliurang Km 10.5 Sinduharjo, Ngaglik, Sleman.
Seiring berjalannya waktu pembelajaran TIK tidak lagi menjadi kegiatan ekstrakurikuler melainkan menjadi mata pelajaran wajib bagi siswa. SMP Negeri 2 Ngaglik mempunyai laboraturium komputer yang cukup baik dan lengkap. Komputer yang tersedia juga sudah terbaru pada saat itu. Meskipun sudah ada internet di area sekolah, namun internet belum bebas digunakan oleh siswa. Internet digunakan atau diberikan hanya saat pelajaran berlangsung atau seizinguru pengampu mata pelajaran TIK.
Tahun 2011 saya memilih untuk melanjutkan pendidikan saya di salah satu SMANegeri di Sleman Yogyakarta yaitu SMA Negeri 1 Pakem. Pada saat itu SMA negeri 1 Pakem merupakan sekolah favorit di Sleman. SMA N 1 Pekem terletak di dusun Tegalsari Jl. Kaliurang km. 17.5 Pakem, Sleman.SMA Negeri 1 Pakem juga sudah memiliki sebuah laboraturium yang baik dan lengkap yang digunakan untuk pembelajaran TIK. Komputer yang dimiliki sudah canggih dan terbaru. Internet dapat digunakan oleh siswa dengan bebas.

0 komentar:

Posting Komentar