RSS

Mind Mapping "Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam"



Mind mapping adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah dan menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Dengan pembelajaran menggunakan mind mapping siswa cenderung lebih mudah untuk memahami suatu materi yang dikaitkan dengan gambar dan kata kunci dari materi tersebut.
 Mind Mapping yang berjudul “Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan SDA” ditujukan untuk siswa kelas IV SD/MI sederajat. Mind Mapping ini dibuat sesuai dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang bersumber dari buku BSE IPS 4 karangan Sutoyo dan Leo Agung yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009.

Ulasan Materi:
Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam
A.        Kegiatan Ekonomi Penduduk
Semua kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut sebagai kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi pada dasarnya dapat dibedakan menjadi tiga hal, yakni: kegiatan produksi, kegiatan produksi merupakan kegiatan manusia yang menghasilkan barang atau jasa; kegiatan konsumsi, kegiatan konsumsi atau pemakai merupakan kegiatan menggunakan atau menikmati hasil produksi; dan kegiatan distribusi, kegiatan distribusi merupakan kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

B.         Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam kegiatan ekonomi
Sumber daya alam dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat setempat. Kegiatan ekonomi rakyat yang berhubungan dengan  sumber daya alam yang ada di wilayahnya dapat dikelompokkan:
1.      Kegiatan ekonomi di bidang perkebunan
Kegiatan ekonomi dibidang perkebunan banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di dataran tinggi dan sedang. Perkebunan yang ada di Indonesia diusahakan oleh perorangan dan pemerintah.
2.      Kegiatan ekonomi dibidang Pertanian
Usaha petani mengelola sumber daya alam tanah dan tumbuhan, usaha ini banyak dilakukan terutama oleh penduduk di pulau jawa dan sumatra.  Usaha pertanian sebagian besar menghasilkan padi, jagung dan sayur mayur, hasil pertanian tersebut kemudian dijual untuk menghasilkan uang. Kegiatan bertani dan menjual tersebut merupakan kegiatan ekonomi yang biasa dilakukan di masyarakat.
3.      Kegiatan ekonomi dibidang perternakan
Peternakan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Selain itu, peternakan dapat menambah penghasilan rakyat. Jenis hewan ternak di Indonesia cukup banyak. Hewan ternak itu, antara lain sapi, kerbau, kambing, ayam, burung, dll. Hewan ternak tersebut umumnya menghasilkan daging, susu, telur, kulit, dll.
4.      Kegiatan ekonomi dibidang perikanan
Sebagian besar wilayah Indonesia berupa perairan. Perairan tersebut meliputi perairan darat maupun laut. Kegiatan perikanan yang dilakukan di Indonesia meliputi perikanan darat dan laut.
·         Perikanan darat
Usaha perikanan ini dilakukan di perairan darat, seperti sungai, danau, dan kolam. Jenis ikan yang dibudidayakan adalah ikan mas, gurame, mujahir, tawas, lele, dll.
·         Perikanan laut
Wilayah perairan laut Indonesia yang luas berpotensi menghasilkan ikan yang melimpah. Jenis ikan laut yang ditangkap adalah tongkol, tuna, bawal, kembung, teri, dll. Saat ini tengah dikembangkan perikanan di tambak pantai di pantai utara Jawa dan pantai timur Sumatra. Hasilnya meliputi kerang, udang, dan rumput laut.
5.      Kegiatan ekonomi di bidang pertambangan
Kegiatan pertambangan adalah kegiatan pengambilan sumber daya alam dari dalam bumi. Jenis barang tambang yang terdapat di Indonesia, antara lain minyak bumi, batu bara, emas, perak, dll. Barang-barang tambang tersebut digunakan untuk kegiatan industri, transportasi, dll.
6.      Kegiatan ekonomi dibidang perindustrian
Industri merupakan kegiatan mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Bahan mentah yang belum diolah tersebut diperoleh dari alam. Kegiatan perindustrian membutuhkan sumber daya alam. Industri dapat menambah nilai guna barang. Indonesia memiliki industri yang cukup berkembang diantaranya:
a.       Alat-alat berat terdapat di Surabaya, Jawa Timur.
b.      Gas alam terdapat di Kalimantan Selatan.
c.       Pemintalan benang terdapat di Jawa Barat (Patal Bandung), Jawa Tengah (Patal Cilacap, Patal Semarang, dan Patal Tegal).
7.      Kegiatan ekonomi di bidang perhutanan
Hutan menghasilkan sumber daya alam melimpah. Di antaranya kayu, rotan, damar, getah perca, dan getah agatis. Hasil hutan tersebut dimanfaatkan untuk kebutuhan perumahan, perabotan rumah tangga, industri, dll.

C.         Kegiatan ekonomi masyarakat yang berkaitan dengan potensi lain daerah
Negara Indonesia terdiri dari kenampakan alam yang beraneka ragam ada daerah dataran tinggi, dataran rendah, daerah pedesaan, daerah pantai, daerah perkotaan. Kondisi yang berbeda-beda tersebut sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Kegiatan ekonomi ini ada yang dibudidayakan karena adat kebiasaan yang turun temurun. Ada pula yang di budidayakan karena pengaruh sumber daya alam. Kegiatan ekonomi berdasarkan potensi lain di beberapa daerah adalah sebagai berikut:
1.      Potensi di daerah tinggi
Masyarakat di daerah pegunungan selain melakukan kegiatan ekonomi dengan bertani, ada juga yang memanfaatkan potensi lain yang tersimpan di daerahnya. Potensi lain tersebut diantaranya adalah daerah wisata, sebagian masyarakat bekerja sebagai pemandu wisata, berjualan di tempat wisata, dan membuka penginapan.
2.      Potensi lain di dataran rendah
Daerah ini banyak dipakai untuk pemukiman penduduk. Masyarakat yang berada didaerah ini sangat beraneka ragam. Mereka terbagi pada wilayah pedesaan dan perkotaan, masyarakat di pedesaan selain melakukan kegiatan ekonomi dengan bercocok tanam, ada juga yang bekerja di pabrik, berjualan, dan sebagai pengrajin.
Masyarakat di perkotaan sebagian besar berusaha di bidang industri. masyarakat di perkotaan biasanya tidak mempunyai tanah yang cukup luas sehingga jarang yang melakukan kegiatan bercocok tanam. Sebagian lagi masyarakat perkotaan menjadi pegawai pemerintahan dan pegawai.
3.      Potensi lain di daerah pantai
Daerah pantai banyak di huni oleh nelayan sebagian besar masyarakat  didaerah ini memanfaatkan keadaan alam seperti laut dan pantai untuk kegiatan ekonomi. Para nelayan mencari aneka hasil laut seperti rumput laut, kerang dan ikan laut untuk di jual. Selain itu ada penduduk yang melakukan kegiatan ekonomi yang memanfaatkan daerah wisata pantai. Kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan daerah wisata itu diantaranya adalah dengan menjual sovenir, membuka restoran dan penginapan, serta menyediakan jasa transportasi.
4.      Potensi lain di daerah padang rumput 
       Daerah padang rumput merupakan daerah yang sangat subur di tanami rumput. Daerah semacam ini bisa dimanfaatkan untuk beternak sapi, kambing, atau kuda. Hasil peternakan seperti daging, susu, dan kulit, dapat menunjang usaha dibidang industri.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kamu nama nya siapa ya?

Posting Komentar